Selasa, 13 September 2011

cara beternak ulat jerman(Superworm)

BENTUK KERJASAMA
1. MITRA MUDA MULTI KARYA memberikan pelatihan cara beternak ulat jerman kepada para peternak yang ingin bergabung secara gratis.....!!!!!
2. MITRA MUDA MULTI KARYA berkewajiban menampung seluruh hasil produksi berupa Ulat Jerman dari seluruh mitra ternak dalam keadaan Hidup dan memiliki panjang minimal 4 cm ( lebih kuberumur 3 bulan ) selama 2 tahun masa kontrak berlangsung ataupun ketika masa perpanjangan kontrak berikutnya. dengan potongan 10% dari keuntungan bersih para mitra ternak.
3. jumlah yang dibeli oleh MITRA MUDA MULTI KARYA sesuai dengan yang diinginkan oleh permintaan pasar, dengan demikian jika terjadi kelebihan produksi dari maksimal kapasitas produksi , maka MITRA MUDA MULTI KARYA tidak berkewajiban membeli, terkecuali ada penjelasan khusus oleh pihak Koordinator. Demikian sebaliknya jika kapasitas produksi jauh dibawah target, maka pihak koordinator MITRA MUDA MULTI KARYA wajib memberikan penjelasan. Pengiriman Kumbang Jerman kepada mitra ternak adalah tanggung jawab sepenuhnya pihak Koordinator MITRA MUDA MULTI KARYA.
4. Penjualan ulat jerman hasil produksi peternak dijual hanya kepada Koordinator MITRA MUDA MULTI KARYA.
5. Kontrak kerjasama dibuat untuk masa 2 tahun dan diperpanjang setiap 2 tahun sekali, dan pada masa perpanjangan kontrak ke II dan seterusnya , dan jika ternyata peternak tidak menjual hsil produksinya kepada koordinator tetapi menjualnya kepada pihak lain, maka isi kontrak kerjasama antara koordinator dengan peternak dianggap batal, sehingga Koordinator tidak lagi memiliki kewajiban untuk membeli hasil produksi peternak untuk tahap selanjutnya.
7. Peternak bertanggung jawab penuh atas kondisi Kumbang Jerman maupun Ulat jerman yang dimilikinyabeserta kestersediaan makanan kumbang dan ulat jerman.
8. Jika anda berminat bergabung silakan contak via E-mail ke t.rahmatulloh@gmail.com
Dalam perekonomian saat ini kita semua mencari cara untuk menghemat uang. .Selama beberapa tahun terakhir ini aku sudah berkembang biak superworms untuk semua tokek saya. Ini adalah proses yang cukup sederhana dan dengan beberapa waktu dan kesabaran Anda dapat meningkatkan penghasilan Anda sendiri.

Tahapan kehidupan

Superworms memiliki 4 tahapan kehidupan: telur, larva, kepompong dan kumbang. Kumbang adalah satu-satunya yang mereproduksi. Superworms Breeding sangat mirip dengan yang mealworm tetapi dengan satu perbedaan. Mereka akan perlu dipisahkan secara individu sehingga mereka dapat menjadi kepompong Jika Anda menjaga mereka bersama-sama Anda tidak akan mendapatkan kumbang untuk memulai generasi yang lain.. Superworms tumbuh lambat dan dapat mengambil 5 bulan atau lebih (tergantung pada suhu Anda menjaga mereka di) untuk menjadi cukup besar untuk memulai "morphing" proses. Pupation merupakan proses penting dan satu-satunya cara untuk mendapatkan kumbang untuk berkembang biak. Aku menyimpan semua tahapan superworms pada suhu antara 70 dan 80 derajat Fahrenheit.
superworm-life-cycle

Metamorphosing superworms

Pilih superworms terbesar mungkin dan menempatkan cacing tunggal ke dalam sebuah wadah kosong film yang 35mm. Saya telah menemukan kontainer Film karya terbaik karena mereka memerlukan ruang yang sangat sedikit. Karena era digital mereka menjadi sulit untuk menemukan tapi aku selalu punya nasib baik di Wal-Mart dan Costco foto pusat. Jika Anda tidak bisa mendapatkan mereka Anda dapat selalu menggunakan kotak manik plastik untuk kerajinan, makanan dll botol bayi
superworms-in-cups
Tinggalkan superworm dalam wadah film yang kosong tanpa makanan atau air. Menambahkan makanan atau air ke wadah film yang memperpanjang waktu yang dibutuhkan mereka untuk menjadi kepompong dan membuat beban kerja yang lebih besar untuk Anda. Selama mereka larva sangat besar Anda harus memiliki sangat sedikit atau tidak ada kematian.
e-shaped-superworm
Setelah beberapa hari cacing akan menjadi aktif dan mulai meringkuk ke huruf "c" atau "e" Ini adalah awal dari proses morphing.. Setiap superworms yang lurus mencari, keras atau hitam mungkin sudah mati. Proses dari larva ke pupa memerlukan waktu 1 sampai 2 minggu.

Superworm kepompong

superworm-pupa
Setelah cacing telah pupated akan terlihat seperti "alien" berwarna putih atau krim seperti kebanyakan orang menyebut mereka. Ini adalah tahap ketiga kehidupan mereka. Anda dapat meninggalkan mereka dalam wadah film atau menempatkan mereka semua dalam wadah terpisah. Saya menghapus saya dan menempatkan mereka dalam wadah terpisah karena menghemat ruang dan kemudian Anda dapat mulai larva lain dalam wadah Film Ketika kaki mereka berubah lebih gelap di warna Anda akan tahu kumbang akan segera muncul.. Proses dari kepompong untuk kumbang memakan waktu sekitar 2 minggu.
super_pupae_container

Superworm beatles

Sebelum menghapus kumbang ini Anda perlu untuk mengumpulkan wadah pembibitan baru. Saya menggunakan nampan yang (14 "x 10" x 3,5 "). Anda dapat menggunakan benar-benar ada jenis kontainer seperti Rubbermaid dan Sterilite tapi aku telah menemukan kotoran kucing panci untuk menjadi yang paling efektif. Tambahkan sekitar 1 inci dari dedak gandum atau gutload pra-dibuat untuk bagian bawah wadah. Kumbang akan makan dan bertelur dalam hal ini. Cobalah untuk tidak menggunakan tempat tidur seperti gandum kasar kecuali jika Anda mencampurnya menjadi bubuk. Hal ini akan membuat lebih mudah untuk memisahkan superworms kemudian untuk membersihkan atau memberi makan hewan Anda. Di salah satu sudut saya menambahkan sepotong kecil peti telur sehingga kumbang memiliki tempat untuk berkumpul. Jika tidak, mereka mungkin mengembara melalui wadah menggali telur dan makan mereka. Anda sekarang dapat memindahkan kumbang untuk wadah ini. Penawaran kentang, wortel, buah-buahan atau kristal air sebagai sumber air. Kelembaban sangat penting bagi kumbang seperti itu adalah untuk superworms sendiri. Kurangnya kelembaban akan menghasilkan kumbang memangsa telur, bayi yang baru menetas dan kumbang lainnya.
superworm-beatles
Tentang setiap 2 sampai 4 minggu (tergantung pada berapa banyak kumbang yang Anda miliki dalam satu wadah) menghapus kumbang dari tempat tidur dan menempatkan mereka dalam wadah segar seperti dijelaskan di atas. Hal ini memungkinkan telur menetas dan furthers kesempatan Anda untuk mendapatkan lebih banyak bayi. Jika kumbang dibiarkan mereka akan memangsa telur dan mungkin larva yang baru menetas. Cacing yang baru menetas bisa melakukan hal yang sama satu sama lain. Kumbang dewasa dapat hidup sampai 5 bulan dengan betina meletakkan telur hampir 500 dalam hidupnya.

Budidaya superworms bayi

Kunci untuk penetasan adalah panas dan yang paling penting kelembaban. Untuk bayi saya menjaga suhu sekitar 78 derajat Fahrenheit. Tambahkan potongan kecil atau irisan kentang, wortel, apel dll pada permukaan tempat tidur. Hal ini akan memberikan kelembaban bagi bayi yang baru menetas. Setelah bayi tumbuh lebih besar Anda dapat menggunakan kristal air jika Anda inginkan.

Itu saja, Anda sudah dibesarkan superworms!

Selamat! Anda sekarang telah berhasil menyelesaikan siklus perkembangbiakan pertama Anda. Ini akan memakan waktu sebelum koloni Anda didirikan, tetapi setelah itu Anda akan memiliki kelangsungan penyediaan superworms!
PENGAMANAN KUMBANG DAN ULAT JERMAN SUPER WORM (ZOPHOBAS MORIO)
A. Rak kotak Kumbang & Ulat Jerman. Rak kotak harus diamankan dari semut dengan cara setiap tiang penyangga rak diberikan wadah dibawahnya yang berisikan oli dengan harapan semut tidak naik kedalam kotak kumbang maupun ulat jerman. Binatang lain seperti misalnya tikus harus diwaspadai, sebaiknya gunakan jebakan tikus setiap saat pada tempat - tempat tertentu sehingga sampai tidak ada lagi tikus di lokasi kumbang maupun ulat jerman.
B. Kotak Kumbang & Ulat Jerman Kotak Kumbang & Ulat jerman sebaiknya diberikan penutup berupa kassa atau ram dari kawat dengan harapan cecak maupun binatang lainnya tidak masuk, karena binatang lainnya juga akan memakan kumbang maupun ulat jerman. dan bahkan cenderung akibat ulah hewan lainnya kumbang banyak yang mati karena di bunuh. di samping itu perlu juga disetiap kotak kumbang maupun ulat jerman diberikan pelepah / debok pisang gajih disetiap sisi ( kiri dan kanan di dalam kotak ) yang memanjang dengan ukuran 5 s/d. 7 cm panjang 50 cm dalam rangka menjaga kelembaban dan penyerapan panas di dalam kotak.
C. Minuman Kumbang & Ulat Jerman. Yang perlu diwaspadai adalah kebersihan dari minuman baik kumbang maupun ulat jerman yang berupa buah2an yang diperkirakan mengandung insektisida, oleh karena itu sebaiknya sebelum diberikan kepada kumbang dan ulat jerman harus di cuci bersih terlebih dahulu baru di iris dan diberikan sebagai minuman. dengan demikian akan dapat mencegah terjadinya kematian pada kumbang maupun ulat jerman.
D. Sirkulasi Udara. Sirkulasi udara dalam ruangan tempat berternak seyogyanya cukup bebas, sehingga dapat memberikan temperatur yang jauh lebih normal. Namun demikian perubahan cuaca yang ekstrim saat ini harus pula disikapi dengan kewaspadaan yang tinggi, misalnya dengan menempatkan alat penggerak udara ( kipas angin ). suatu misal panasnya mencapai ketinggian 30 derajat.
E. Lokasi Kumbang dan Pembesaran Ulat Jerman Jika memungkinkan sebaiknya lokasi bertelurnya Kumbang Jerman terpisah dengan lokasi pembesaran ulat jermannya, hal ini sebagai antisipasi jika terdapat virus pada ulat jermannya tidak sampai mengganggu aktivitas kumbang jerman untuk bertelur. Dan pada awal berternak sebaiknya lokasi, rak, kotak kumbang maupun kotak ulat jerman harus steril dari berbagai kemungkinan virus, kuman dan semacamnya dengan cara menyemprot dengan bahan pembunuh kuman yang dianggap baik dan dilakukan sebulan sekali.


Kandungan Kumbang Jerman, Ulat Jerman / Superworm / (Zophobas Morio)
















Kenapa Kumbang Jerman atau Superworm di budidayakan............?, inilah yang menggelitik para petani Paguyuban Kumabng Jerman / Superworm yang pusat di dusun Sumberberas desa Sumberayu Kecamatan Muncar. al hasil mengotak atik keybord kemudian meluncur di google.com akhirnya terjawab sudah ketika menemukan referensi dari http://iklan prima.info tentang kandungan Ulat Jerman / Superworm.
Superworm / Ulat Jerman (Zophobas Morio) yang kami kembang biakkan mempunyai kelebihan sesuai dengan fasil analisa daripada tanggal 28 juli 2009 pada pusat analisa Obat dan makanan, Fakultas Farmasi, Unifersitas Surabaya no : 745 / K / PAO&M / 07 / 09 pada tanggal 28 juli 2009 oleh Kepala Pusat analisa Obat dan Makanan Bpk. Drs. R SOEDIATMOKO SOEDIRMAN, M Si. yaitu Ulat super / Superworm (Hidup) berkadar protein 61.26 %. dan Ulat super / Superworm (Mati) berkadar protein tinggi 86.59 %......

3 komentar:

  1. Dear pengasuh yang budiman,
    bagaimana cara memaketkan ulat ini ke luar pulau seperti kalimantan, apakah ada jasa cargo yang khusus menangani ulat ini, apakah misalnya perlu dilengkapi dengan persyaratan khusus, perizinan khusus, karantina dari depkes, dll

    Terima kasih

    BalasHapus
  2. iya nih mas,
    saya juga mau tanya, itu jika nanti kondisi ulat ulat sudah tidak bagus sesampainya di tujuan, apakah bisa dikembalikan, atau diganti ?
    adakah jaminan seperti itu?
    makaasih

    BalasHapus